Agar orang lain diselamatkan

Baca: Kisah Para Rasul 13:1-12
Setelah kedua belas murid melaksanakan amanat agung Tuhan Yesus dan setelah gereja di Yerusalem berperan dalam tugas itu, juga setelah banyak orang Yahudi menikmati anugerah keselamatan, tibalah saat semua itu diteruskan kepada orang-orang lain lagi. Bukan hanya tugas yang diteruskan, tetapi karunia keselamatan harus diberitakan lebih luas yakni kepada orang-orang bukan Yahudi.
Jemaat di Antiokhia sungguh diberkati dengan keberadaan lima orang yang berperan penting, yaitu sebagai nabi dan pengajar (1). Ketika kelima pemimpin jemaat itu berdoa dan berpuasa, datanglah panggilan Tuhan agar mereka mengkhususkan Barnabas dan Saulus untuk melakukan tugas dari Tuhan. Kedua orang itu ditunjuk oleh Roh Kudus untuk pergi dari Antiokhia dan melanjutkan pelayanan mereka dalam konteks geografis yang lebih luas. Maka ketiga orang yang lain, yaitu Simeon, Lukius, dan Menahem mengutus Barnabas dan Saulus sesuai perintah Tuhan. Inilah pengutusan misionaris yang pertama dalam PB.
Tujuan mereka adalah Salamis dan Pafos. Salamis adalah kota berpengaruh di sisi timur Siprus. Di Pafos mereka bertemu seorang Yahudi bernama Elimas. Ia adalah nabi palsu. Mereka juga bertemu Sergius Paulus, gubernur pulau Siprus. Elimas menghalang-halangi Barnabas dan Saulus untuk menemui sang gubernur. Ia khawatir pengaruhnya atas gubernur pupus oleh ajaran yang dibawa oleh Barnabas dan Saulus. Namun oleh kuasa Tuhan, Saulus kemudian menjatuhkan hukuman atas Elimas. Sungguh ironis, Elimas yang ingin menghalangi Sergius Paulus beriman kepada Tuhan justru dipakai untuk membuat Sergius Paulus percaya kepada Dia.
Tuhan memang berkuasa dan punya banyak cara untuk menyatakan anugerah-Nya. Walau banyak orang yang berusaha menghalangi orang lain untuk (tetap) beriman kepada Yesus, jangan khawatir. Mintalah Tuhan menyatakan kuasa dan perlindungan-Nya agar orang yang sungguh masuk dalam rencana keselamatan Tuhan, diselamatkan juga.
Dikutip dari Santapan Harian. Hak Cipta : Yayasan Persekutuan Pembaca Alkitab. Isi Santapan Harian lainnya seperti pengantar kitab, artikel ringkas, sisipan, dlsb. dapat diperoleh dengan membeli buku Santapan Harian dari Yayasan PPA: Jl. Pintu Air Raya No 7 Blok C4, Jakarta 10710, ph:3442461-2; 3519742-3; Fax: 344972; email:ppa@ppa.or.id. Informasi lengkap : PPA di: http://www.ppa.or.id
http://saatteduh.wordpress.com/2010/05/24/agar-orang-lain-diselamatkan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © hotmutiara Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur