Hari Raya Pendamaian

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -
Baca: Imamat 16:1-17:9
Pada hari raya pendamaian, imam besar memasuki tempat mahakudus untuk memercikkan darah lembu jantan (sebagai korban penghapus dosa bagi dirinya sendiri) dan darah kambing jantan (sebagai korban penghapus dosa bagi umat Allah) ke atas dan ke depan tutup pendamaian.
Hari raya pendamaian adalah hari raya yang paling suci bagi orang Yahudi. Hanya pada hari raya itu dan hanya imam be­sar yang boleh masuk ke tempat mahakudus (Catatan: Dalam pasal ini, “tempat mahakudus” disebut sebagai “tempat ku­dus di belakang tabir” karena tempat kudus yang boleh di­masuki oleh imam biasa dan tempat mahakudus yang hanya boleh dimasuki oleh imam besar itu memang dipisahkan oleh tabir; 16:2). Pada hari raya itu, imam besar hanya mengenakan pakaian dari bahan lenan yang sederhana, bukan pakaian jabatan yang lebih mewah (bandingkan 16:4 dengan Keluaran 39). Mungkin pakaian yang lebih sederhana itu dimaksud­kan sebagai ungkapan sikap merendahkan diri atau menyesali dosa.
Hal lain yang khusus pada hari raya pendamaian adalah bahwa ada dua ekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa bagi umat Allah. Yang satu dipersembahkan seperti biasa dan yang satu lagi dilepaskan ke padang gurun sesudah imam besar meletakkan tangannya ke atas kepala kambing jantan itu sambil mengakui segala kesalahan dan pelanggaran orang Israel. Kambing jantan yang dilepaskan ini merupakan simbol bagi diangkutnya dosa umat Allah. Peristiwa ini memberi penjelasan terhadap perkataan Yo­hanes Pembaptis tentang Tuhan Yesus, “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” (Yohanes 1:29b). Sebagai catatan, perkataan “menghapus” dalam Yohanes 1:29b di atas lebih tepat bila diterjemahkan sebagai “mengangkut”. [P]
Yohanes 1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.”
 
http://saatteduh.wordpress.com/2010/05/24/hari-raya-pendamaian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © hotmutiara Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur