Kebaikan Tuhan dan kesaksianku

Kasih setia dan rahmat Tuhan yang memahkotai kehidupan umat-Nya memberikan pemahaman dan pers-pektif yang segar tentang kehidupan di hadapan Dia yang kudus. Banyak seminar motivasi dan buku self-help saat ini yang menjual pesan bahwa kemampuan manusia hanya dibatasi oleh kepercayaan dirinya, “Jika aku percaya aku bisa, maka aku pasti bisa! Jika aku tidak bisa, maka itu salahku sendiri.” Sebagai kontras, Mazmur 103 mulai dengan pengagungan kepada Tuhan. Tuhanlah yang melakukan dan memberikan segala yang baik kepada manusia. Stanza pertama (1-5), berturut-turut memaparkan kebaikan Tuhan sehingga hasrat manusia bisa terpuaskan dengan kebaikan, bahkan masa mudanya diperbarui “seperti pada burung rajawali”.
Di tengah dunia yang bengkok dan penuh kejahatan ini, Tuhan tetap berkarya. Dia menjalankan keadilan bagi seluruh alam ciptaan-Nya. Kepada umat-Nya, Dia berlaku seperti seorang bapak yang “sayang kepada anak-anaknya.” Mengapa? Karena Tuhan ingat bahwa “kita ini debu”. Satu faktor ini adalah pembeda yang sangat pelik antara ajaran Alkitab dengan teori-teori motivasi yang sangat marak dan bahkan dipercaya juga oleh orang-orang yang ada di dalam gereja.
Ayat 15-18 dengan gamblang memaparkan perbedaan ini. Seorang Kristen, ketika dia berhasil akan mengingat bahwa dirinya bukan apa-apa tanpa Tuhan. Ia akan mengembalikan segala kehormatan kepada Tuhan dan memberikan kesaksian bahwa Tuhanlah yang membuat semua prestasinya menjadi mungkin.
Ayat 20-22 menyatakan bertubi-tubi dampak kebesaran Tuhan pada segala makhluk dan seluruh alam ciptaan-Nya. Ketika Tuhan berkarya dalam kehidupan kita sudah selayaknya Dia yang mendapatkan kemuliaan dan pujian sebab tanpa Dia, kita bukanlah apa-apa. Ketika Tuhan berkarya dalam hidup Anda, sudahkah Dia mendapatkan pujian dan kehormatan yang selayaknya Dia dapatkan, dari Anda dan orang-orang dalam hidup Anda?
Dikutip dari Santapan Harian. Hak Cipta : Yayasan Persekutuan Pembaca Alkitab. Isi Santapan Harian lainnya seperti pengantar kitab, artikel ringkas, sisipan, dlsb. dapat diperoleh dengan membeli buku Santapan Harian dari Yayasan PPA: Jl. Pintu Air Raya No 7 Blok C4, Jakarta 10710, ph:3442461-2; 3519742-3; Fax: 344972; email:ppa@ppa.or.id. Informasi lengkap : PPA di: http://www.ppa.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © hotmutiara Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur