Powered By Blogger

Tuhan Telah Bertindak: Bernyanyilah.

Almanak Kamis 06 Mei 2010:

Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus. (Mazmur 98:1)

Tuhan telah melakukan perbuatan-perbuatan ajaib. TanganNya yang kudus telah mengerjakan keselamatan kita. Sebab itu nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan. Pujilah namaNya.

Mazmur ini secara jelas menyatakan bahwa nyanyian pujian adalah respons atau tanggapan umat terhadap kasih Tuhan atau terhadap karya keselamatan yang dikerjakanNya. Nyanyian umat bukanlah pancingan atau stimulans agar Tuhan mengasihi dan bertindak menyelamatkan umatNya. Tuhan tidak perlu disanjung, diangkat, dipuja dan dipuji agar mau menolong umatNya. Dia tidak perlu dibujuk-bujuk dengan pujian atau disogok dengan kata-kata pemanis agar berbuat baik. Dari diriNya sendiri, Dia penuh kasih dan melimpah dengan rahmat. Dia kudus, adil dan benar.

Pertanyaan: apakah yang dilakukan Tuhan kepada kita sekarang sehingga kita juga pantas bernyanyi memuji namaNya? Sama seperti kepada umatNya di masa Perjanjian Lama, Tuhan juga telah melakukan perbuatan-perbuatan ajaib di tengah-tengah kita. Dia telah memberkati kita dan menyelamatkan kita. Pada puncaknya Dia telah mengutus AnakNya Tuhan Yesus Kristus agar mati di kayu salib demi keampunan dosa, pendamaian, keselamatan, dan hidup baru kita. Sebab itu pujilah Dia. Mari kita membaharui hati dan pikiran kita bernyanyi memuji nama Tuhan.

Doa:
Ya Tuhan Allah, Engkau telah menyelamatkan kami dari dosa dan kematian dengan darah PutraMu yang tunggal Yesus Kristus. Engkau memberikan Roh Kudus tinggal dalam hati kami. Engkau memberkati kami saban hari dan memberi kami hidupMu sendiri. Sungguh kami bersyukur dan berbahagia.Kami ingin menyanyikan nyanyian baru memuji dan memuliakan namaMu. Terimalah pujian syukur dan sembah kami. Demi nama Kristus. AMIN.

Pdt Daniel T.A. Harahap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © hotmutiara Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur