Roh KuduS

- Diambil dari Renungan Gereja Kristen Yesus Jemaat Green Ville -
Baca: 1 Korintus 6:17-20
Sebutan “Roh Kudus” berasal dari kata Yunani hagios (artinya “kudus”) dan pneuma (artinya “Roh”). Oleh karena itu, orang yang menerima Roh Kudus seharusnya hidup kudus (menjauhi dosa) dan hidup secara rohani (tidak hidup mengikuti keinginan jasmani).
Karena Roh Kudus adalah Roh, bukan fisik (tidak bertubuh), maka seorang yang sudah menerima Roh Kudus bisa menga­lami persekutuan (persatuan, bandingkan dengan 6:17) an­tara roh kita dan Roh Kudus, sehingga Roh Kudus bisa tinggal di dalam diri kita (6:19). Bila kita hidup mengikuti pimpinan Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita, maka hidup kita pasti akan menampakkan adanya buah Roh Kudus yang amat bertentangan dengan perbuatan daging (Galatia 5:16-23). Bila kita secara sukarela me­nyerahkan diri kita untuk dikuasai oleh Roh Kudus, maka kita bisa disebut sebagai penuh dengan Roh Kudus (Efesus 5:18).
Kita harus membedakan antara Roh Kudus dan “roh lain” yang ada di dalam dunia ini (adanya “roh lain” ini misalnya tersirat dalam 1 Yohanes 4:4). Walaupun “roh lain” itu kelihatan menarik karena bisa melakukan hal-hal yang di luar kemampuan akal, “roh lain” itu bisa menyesatkan kita dan menjauhkan kita dari Allah. Perbedaan utama antara seorang yang penuh dengan Roh Kudus dan seorang yang dikuasai oleh “roh lain” adalah bahwa seorang yang penuh dengan Roh Kudus akan menjadikan melakukan ke­hendak Allah sebagai keinginan yang utama dalam hidupnya, sedangkan seorang yang dikuasai oleh “roh lain” akan mengutamakan keinginan daging (kenyamanan secara fisik), keinginan mata (keserakahan), dan keangkuhan hidup (kesombongan, keinginan untuk menjadi “lebih” daripada orang lain) (Bandingkan dengan 1 Yohanes 2:15-17). [P]
1 Korintus 6:19
“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”
http://saatteduh.wordpress.com/2010/05/14/roh-kudus-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © hotmutiara Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur